A. PENGERTIAN PILAR PENDIDIKAN
Pembelajaran adalah setiap perubahan
perilaku yang relatif permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman.
1. Definisi sebelumnya menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat perubahan terjadi tetapi tidak pembelajaran itu sendiri.
2. Konsep tersebut adalah teoretis, dan dengan demikian tidak secara langsung dapat diobservasi
1. Definisi sebelumnya menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat perubahan terjadi tetapi tidak pembelajaran itu sendiri.
2. Konsep tersebut adalah teoretis, dan dengan demikian tidak secara langsung dapat diobservasi
Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia
yang berakal budi untuk mempersiapkan dirinya dalam memasuki era teknologi dan
globalisasi di masa kini dan akan datang. Kegagalan dalam pendidikan
menyebabkan tidak berkembangnya potensi siswa untuk menjadi manusia produktif
dan berkualitas. Jadi pendidikan pada hakekatnya adalah hak asasi manusia dalam
proses mempersiapkan diri menuju masa depan yang lebih baik.
B. JENIS – JENIS PILAR PENDIDIKAN
a.
5 Pilar Pendidikan UNESCO
1. Belajar mengetahui (learning to know)
Belajar mengetahui berkenaan dengan perolehan, penguasaan dan pemanfaatan informasi. Dewasa ini terdapat ledakan informasi dan pengetahuan. Hal itu bukan saja disebabkan karena adanya perkembangan yang sangat cepat dalam bidang ilmu dan teknologi, tetapi juga karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, terutama dalam bidang elektronika, memungkinkan sejumlah besar informasi dan pengetahuan tersimpan, bisa diperoleh dan disebarkan secara cepat dan hampir menjangkau seluruh planet bumi. Belajar mengetahui merupakan kegiatan untuk memperoleh, memperdalam dan memanfaatkan pengetahuan. Pengetahuan diperoleh dengan berbagai upaya perolehan pengetahuan, melalui membaca, mengakses internet, bertanya, mengikuti kuliah, dll. Pengetahuan dikuasai melalui hafalan, tanya-jawab, diskusi, latihan pemecahan masalah, penerapan, dll. Pengetahuan dimanfaatkan untuk mencapai berbagai tujuan: memperluas wawasan, meningkatakan kemampuan, memecahkan masalah, belajar lebih lanjut, dll.
1. Belajar mengetahui (learning to know)
Belajar mengetahui berkenaan dengan perolehan, penguasaan dan pemanfaatan informasi. Dewasa ini terdapat ledakan informasi dan pengetahuan. Hal itu bukan saja disebabkan karena adanya perkembangan yang sangat cepat dalam bidang ilmu dan teknologi, tetapi juga karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, terutama dalam bidang elektronika, memungkinkan sejumlah besar informasi dan pengetahuan tersimpan, bisa diperoleh dan disebarkan secara cepat dan hampir menjangkau seluruh planet bumi. Belajar mengetahui merupakan kegiatan untuk memperoleh, memperdalam dan memanfaatkan pengetahuan. Pengetahuan diperoleh dengan berbagai upaya perolehan pengetahuan, melalui membaca, mengakses internet, bertanya, mengikuti kuliah, dll. Pengetahuan dikuasai melalui hafalan, tanya-jawab, diskusi, latihan pemecahan masalah, penerapan, dll. Pengetahuan dimanfaatkan untuk mencapai berbagai tujuan: memperluas wawasan, meningkatakan kemampuan, memecahkan masalah, belajar lebih lanjut, dll.
Jacques Delors (1996), sebagai ketua komisi penyusun Learning the Treasure Within, menegaskan adanya dua manfaat pengetahuan, yaitu pengetahuan sebagai alat (mean) dan pengetahuan sebagai hasil (end). Sebagai alat, pengetahuan digunakan untuk pencapaian berbagai tujuan, seperti: memahami lingkungan, hidup layak sesuai kondisi lingkungan, pengembangan keterampilan bekerja, berkomunikasi. Sebagai hasil, pengetahuan mereka dasar bagi kepuasaan memahami, mengetahui dan menemukan.
Pengetahuan terus berkembang, setiap saat ditemukan pengetahuan baru. Oleh karena itu belajar mengetahui harus terus dilakukan, bahkan ditingkatkan menjadi knowing much (berusaha tahu banyak).
2. Belajar berkarya (learning to do)
Agar mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dalam masyarakat yang berkembang sangat cepat, maka individu perlu belajar berkarya. Belajar berkarya berhubungan erat dengan belajar mengetahui, sebab pengetahuan mendasari perbuatan.
Dalam
konsep komisi Unesco, belajar berkarya ini mempunyai makna khusus, yaitu dalam
kaitan dengan vokasional. Belajar berkarya adalah balajar atau berlatih
menguasai keterampilan dan kompetensi kerja. Sejalan dengan tuntutan
perkembangan industri dan perusahaan, maka keterampilan dan kompetisi kerja
ini, juga berkembang semakin tinggi, tidak hanya pada tingkat keterampilan,
kompetensi teknis atau operasional, tetapi sampai dengan kompetensi
profesional. Karena tuntutan pekerjaan didunia industri dan perusahaan terus
meningkat, maka individu yang akan memasuki dan/atau telah masuk di dunia
industri dan perusahaan perlu terus bekarya. Mereka harus mampu doing much
(berusaha berkarya banyak).
3. Belajar hidup bersama (learning to live together)
Dalam kehidupan global, kita tidak hanya berinteraksi dengan beraneka kelompok etnik, daerah, budaya, ras, agama, kepakaran, dan profesi, tetapi hidup bersama dan bekerja sama dengan aneka kelompok tersebut. Agar mampu berinteraksi, berkomonikasi, bekerja sama dan hidup bersama antar kelompok dituntut belajar hidup bersama. Tiap kelompok memiliki latar belakang pendidikan, kebudayaan, tradisi, dan tahap perkembangan yang berbeda, agar bisa bekerjasama dan hidup rukun, mereka harus banyak belajar hidup bersama, being sociable (berusaha membina kehidupan bersama).
4. Belajar berkembang utuh (learning to be)
Tantangan kehidupan yang berkembang cepat dan sangat kompleks, menuntut pengembangan manusia secara utuh. Manusia yang seluruh aspek kepribadiannya berkembang secara optimal dan seimbang, baik aspek intelektual, emosi, sosial, fisik, maupun moral. Untuk mencapai sasaran demikian individu dituntut banyak belajar mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya. Sebenarnya tuntutan perkembangan kehidupan global, bukan hanya menuntut berkembangnya manusia secara menyeluruh dan utuh, tetapi juga manusia utuh yang unggul. Untuk itu mereka harus berusaha banyak mencapai keunggulan (being excellence). Keunggulan diperkuat dengan moral yang kuat. Individu-individu global harus berupaya bermoral kuat atau being morally.
5. Learning for improving to quality of worship to Allah SWT
Belajar meningkatkan kualitas untuk beribadah kepada Allah SWT, apa yang termuat dalam surat berikut :
• Al Faatihah: 2 “Tuhan sebagai Penguasa/Pendidik alam semesta”.
• Al Baqarah: 29-33
“Bumi diciptakan oleh Allah SWT untuk manusia.”
“Manusia diciptakan sebagai khalifah Tuhan di muka bumi.”
“Manusia dikaruniai potensi yang dapat dikembangkan hingga hampir tak terbatas, yang membuat semua makhluk lain, kecuali iblis, tunduk kepada manusia.”
• Az Zukhruf: 32 “Manusia diciptakan sebagai makhluk bhinneka agar dapat saling berhubungan dalam rangka saling membutuhkan.”
• Al Maidah: 2 dan 48 “Bertolong-tolonganlah dalam berbuat kebajikan (interaksi koperatif)” dan “Berlomba-lombalah dalam berbuat kebajikan (interaksi kompetitif).”
3. Belajar hidup bersama (learning to live together)
Dalam kehidupan global, kita tidak hanya berinteraksi dengan beraneka kelompok etnik, daerah, budaya, ras, agama, kepakaran, dan profesi, tetapi hidup bersama dan bekerja sama dengan aneka kelompok tersebut. Agar mampu berinteraksi, berkomonikasi, bekerja sama dan hidup bersama antar kelompok dituntut belajar hidup bersama. Tiap kelompok memiliki latar belakang pendidikan, kebudayaan, tradisi, dan tahap perkembangan yang berbeda, agar bisa bekerjasama dan hidup rukun, mereka harus banyak belajar hidup bersama, being sociable (berusaha membina kehidupan bersama).
4. Belajar berkembang utuh (learning to be)
Tantangan kehidupan yang berkembang cepat dan sangat kompleks, menuntut pengembangan manusia secara utuh. Manusia yang seluruh aspek kepribadiannya berkembang secara optimal dan seimbang, baik aspek intelektual, emosi, sosial, fisik, maupun moral. Untuk mencapai sasaran demikian individu dituntut banyak belajar mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya. Sebenarnya tuntutan perkembangan kehidupan global, bukan hanya menuntut berkembangnya manusia secara menyeluruh dan utuh, tetapi juga manusia utuh yang unggul. Untuk itu mereka harus berusaha banyak mencapai keunggulan (being excellence). Keunggulan diperkuat dengan moral yang kuat. Individu-individu global harus berupaya bermoral kuat atau being morally.
5. Learning for improving to quality of worship to Allah SWT
Belajar meningkatkan kualitas untuk beribadah kepada Allah SWT, apa yang termuat dalam surat berikut :
• Al Faatihah: 2 “Tuhan sebagai Penguasa/Pendidik alam semesta”.
• Al Baqarah: 29-33
“Bumi diciptakan oleh Allah SWT untuk manusia.”
“Manusia diciptakan sebagai khalifah Tuhan di muka bumi.”
“Manusia dikaruniai potensi yang dapat dikembangkan hingga hampir tak terbatas, yang membuat semua makhluk lain, kecuali iblis, tunduk kepada manusia.”
• Az Zukhruf: 32 “Manusia diciptakan sebagai makhluk bhinneka agar dapat saling berhubungan dalam rangka saling membutuhkan.”
• Al Maidah: 2 dan 48 “Bertolong-tolonganlah dalam berbuat kebajikan (interaksi koperatif)” dan “Berlomba-lombalah dalam berbuat kebajikan (interaksi kompetitif).”
b.
Lima Pilar
Pendidikan di Indonesia
Kabinet
Indonesia Bersatu Jilid II telah dibentuk dan saat ini mulai menyiapkan
kebijakan untuk 5 tahun ke depan. Khusus di bidang pendidikan, saat ini dicetuskan
beberapa pilar dalam pencapaian.
tujuan pendidikan
nasional oleh Menteri Pendidikan Nasional. Demikian disampaikan Kepala Pusat
PPPPTK Matematika, Herry Sukarman, M.Sc. Ed, selaku Pembina Upacara pada
Upacara Bendera 17 Desember 2009. Dalam amanatnya, lebih lanjut Kepala
Pusat menjelaskan mengenai lima pilar ini yang meliputi pilar ketersediaan
(availability), pilar keterjangkauan (avordability), pilar mutu (quality),
dan pilar jaminan (assurance) serta kesetaraan(equity).
a). Pilar
Pertama Ketersediaan adalah terkait ketersediaan layanan pendidikan yang
memadai sesuai dengan standar, baik dalam kurikulum, sesumber, metode,
strategi, dll.
b). Pilar Kedua adalah Keterjangkauan.
Pilar ini menitikberatkan kepada prinsip pemenuhan hak untuk memperoleh
pendidikan bagi semua warga negara tanpa terkecuali. Untuk mendukung keterjangkauan
ini perlu didukung dengan pemanfaatan berbagai media dan teknologi.
c). Pilar Ketiga adalah Mutu. Peningkatan
mutu pendidikan kini harus menjadikan perhatian utama, bukan saja dari output
dan outcome tetapi menyangkut input dan proses pendidikan.
d). Pilar Keempat Penjaminan
Mutu Pendidikan. Jaminan mutu pendidikan harus lebih banyak dilakukan dengan
berbagai studi dan evaluasi tentang faktor-faktor mempengaruhi peningkatan
mutu pendidikan.
e). Pilar Kelima adalah kesetaraan.
Pendidikan harus menjangkau semua level masyarakat dengan tidak ada pembedaan.
Indonesia adalah negara besar dengan berbagai keragaman, pendidikan harus
mempu melayani semua warganya dengan setara dan tidak membeda-bedakan adanya
keragaman tersebut.
Apakah arti dari pilar pendidikan itu dan bagaimana kita harus menjalankannya agar mutu pendidikan maju?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Pembelajaran yang berkualitas pada akhirnya
bermuara pada penciptaan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan. Paradigma tersebut kemudian dikenal dengan istilah PAKEM dan
mendapatkan rekomendasi dari UNESCO sebagai satu bentuk pembelajaran efektif,
dengan mengacu pada empat pilar pendidikan, yakni belajar mengetahui (learning
to know), belajar bekerja (learning to do), belajar hidup bersama (learning to
live together), dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be). Penerapan
empat pilar pendidikan menuntut kemampuan profesional guru sejalan
diberlakukannya otonomi daerah, khsususnya bidang pendidikan. Kemampuan
professional guru akan terwujud apabila guru memiliki kesadaran dan komitmen
yang tinggi dalam mengelola interaksi belajar-mengajar pada tataran mikro, dan
memiliki kontribusi terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan pada tataran
makro.
Mengapa pembelajaran dikatakan sebagai pilar utama pendidikan?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Pembelajaran adalah setiap perubahan
perilaku yang relatif permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman.
[1] Definisi sebelumnya menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat perubahan terjadi tetapi tidak pembelajaran itu sendiri.
[2] Konsep tersebut adalah teoretis, dan dengan demikian tidak secara langsung dapat diobservasi:
“ Anda telah melihat individu mengalami pembelajaran, melihat individu berperilaku dalam cara tertentu sebagai hasil dari pembelajaran, dan beberapa dari Anda (bahkan saya rasa mayoritas dari Anda) telah "belajar" dalam suatu tahap dalam hidup Anda. Dengan perkataan lain, kita dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran telah terjadi ketika seorang individu berperilaku, bereaksi, dan merespons sebagai hasil dari pengalaman dengan satu cara yang berbeda dari caranya berperilaku sebelumnya. Hali-hali inilah yang akan mendidik seseorang untuk menjadi orang yang terdidik.
[1] Definisi sebelumnya menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat perubahan terjadi tetapi tidak pembelajaran itu sendiri.
[2] Konsep tersebut adalah teoretis, dan dengan demikian tidak secara langsung dapat diobservasi:
“ Anda telah melihat individu mengalami pembelajaran, melihat individu berperilaku dalam cara tertentu sebagai hasil dari pembelajaran, dan beberapa dari Anda (bahkan saya rasa mayoritas dari Anda) telah "belajar" dalam suatu tahap dalam hidup Anda. Dengan perkataan lain, kita dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran telah terjadi ketika seorang individu berperilaku, bereaksi, dan merespons sebagai hasil dari pengalaman dengan satu cara yang berbeda dari caranya berperilaku sebelumnya. Hali-hali inilah yang akan mendidik seseorang untuk menjadi orang yang terdidik.
Sebutkan dan jelaskan 4 pilar kebangsaan yang digunakan MPR ?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
4 pilar kebangsaan:
Pancasila
UUD 1945
Bhineka Tunggal IKA
NKRI
Pancasila
UUD 1945
Bhineka Tunggal IKA
NKRI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar